Senin, 02 Mei 2016

Trik Lain Mengosongkan Recycle Bin

sted on 11.00 No Comments Label:
Mengosongkan Recycle Bin mungkin hal yang sering Anda lakukan sebagai pengguna komputer. Hal ini Anda lakukan untuk mendapatkan kembali ruang kosong dalam hardisk. Atau Anda kurang suka dengan Recycle Bin yang penuh karena icon Recycle Bin akan tampak kurang bagus di desktop atau di Windows Explorer. Sama seperti tempat sampah yang penuh. Kurang sedap dipandang bukan?
Mengklik kanan Recycle Bin dan memilih menu Empty Recycle Bin adalah cara yang lazim dikenal semua pengguna komputer (termasuk Anda) untuk mengosongkan Recycle Bin. Namun, apakah Anda tahu kalau ada cara lain untuk mengosongkan Recycle Bin? Jika tidak, saya punya sebuah trik untuk melakukannya. Caranyapun masih sama yaitu dengan melakukan klik kanan dan memilih menu Empty Recycle Bin. Tapi bedanya yang Anda klik kanan buka icon Recycle Bin, melainkan salah satu drive atau folder di komputer. Tertarik? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Notepad dengan mengklik menu Start »» Accessoris »» Notepad.

  2. Anda juga bisa mengaksesnya dengan mengklik menu Start »» Run dan mengetik “Notepad” (tanpa tanda petik) pada kotak dialog Run lalu tekan Enter.

  3. Setelah Notepad terbuka, copy kode dibawah ini:

  4. Windows Registry Editor Version 5.00 [HKEY_CLASSES_ROOTdirectoryshellexContextMenuHandlers{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}] [HKEY_CLASSES_ROOTDriveshellexContextMenuHandlers{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}]
  5. Kemudian simpan dengan ekstensi .reg yaitu dengan mengklik menu Save As. Pada kotak dialog Save As pilih All Files pada pilihan Save as type dan berikan nama sesuai dengan yang Anda inginkan. Tetapi ingat isi dengan ekstensi .reg. Misalnya Empty Recycle Bin.reg. Klik tombol Save untuk menyimpannya. File reg ini merupakan file Registration Entries yang berguna untuk memasukkan informasi ke registry.

  6. Save As Reg
  7. Sekarang bukalah My Computer dan cari lokasi tempat Anda menyimpan file reg tadi.

  8. Setelah ketemu, klik kanan file tersebut dan klik Merge.

  9. Merge File Reg
  10. Kemudian akan muncul kotak dialog konfirmasi. Klik Yes untuk melanjutkan.

  11. Pada kota dialog selanjutnya klik OK.
Sampai tahap ini semuanya telah selesai. Sekarang cobalah mengklik kanan salah satu drive di komputer anda melalui jendela My Computer. Apakah muncul menu Empty Recycle Bin? Jika tidak, mungkin Anda salah mengetik kode diatas. Cobalah periksa lagi! Jika ya, tetapi tidak bisa diklik, mungkin Recycle Bin Anda memang dalam keadaan kosong. Menu ini akan bisa diklik jika Recycle Bin tidak kosong. Cobalah menghapus sebuah file agar Recycle Bin terisi dan coba ulangi mengklik kanan salah satu drive atau folder untuk mengetahui semuanya telah bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar