Senin, 02 Mei 2016

KRONOLOGI Akun Google Adsense Anda Dibanned


 Salah satu masalah yang ditakuti pertama kali oleh publisher adsense adalah akun adsensenya dibanned atau didisabled, alias dinonaktifkan. Dan yang ditakuti nomor dua adalah situsnya dibanned. Atau kedua-duanya takut semua. Wajar saja! Mendaftar google adsense itu gampang-gampang susah, dan lebih sering susahnya daripada gampangnya, terutama bagi blogger newbie seperti saya. Membangun website bertrafik juga tidak mudah! Perlu waktu lama dan ekstra kerja keras agar blog bisa bertrafik tinggi.
Namun, setelah punya akun adsense dan punya blog bertrafik tinggi, ternyata dibanned. Rasanya kecewa, gondok, marah, jengkel, males, galau, sebel, sepet, senep, semua bercampur menjadi satu.
Mengapa saya tahu?
Karena saya pernah dibanned !
Mulai akun adsense dibanned, situs dibanned, mendapat peringatan alias kartu kuning, semuanya sudah pernah saya alami sepanjang 5 tahun saya menjadi publisher adsense. Dan bahkan bukan hanya sekali, namun berkali-kali hingga semua jenis banned telah saya alami.
Kini saatnya saya berbagi pengalaman lagi ke teman-teman tentang hal banned membanned. Dan sekaligus artikel ini merupakan saran ke teman-teman agar lebih berhati-hati dalam bermain adsense. Karena saya melihat masih ada saja teman-teman yang dibanned meskipun saya sudah pernah berbagi informasi tentang hal ini sebelumnya.
Saya sangat sedih jika mendengar akun adsense teman saya dibanned, karena saya juga pernah merasakannya. Biasanya setelah dibanned blognya akan diterlantarkan secara perlahan-lahan namun pasti, karena rasa putus asa. Tapi saya tidak kenal putus asa dan tidak akan pernah putus asa dalam mencari nafkah yang halal meskipun segala aral melintang di depan. Semua masalah pasti ada jalan keluarnya selama kita masih mau berusaha.

Kenapa akun adsense anda dibanned?

Google biasanya tidak menjelaskan pelanggaran apa yang anda lakukan sehingga akun anda dibanned, karena penyebab banned sangat luas. Namun penyebab yang paling sering adalah karena terjadi invalid klik di jaringan akun anda.
Jika anda tidak merasa melakukan pelanggaran, biasanya pemicu yang paling sering adalah anda mempastekan URL blog anda di facebook dengan tangan anda sendiri, lalu ada orang lain yang membuka blog anda dan kemudian meng-klik iklan di dalamnya, maka sistem google akan menganggap anda meminta klik iklan kepada teman.
Sebaiknya anda jangan membantah alasan yang satu ini jika ingin akun adsense anda berumur panjang. Saya sering menyampaikan tentang hal ini kepada teman-teman namun selalu dibantah. Kalau tidak percaya silakan saja anda teruskan ngeshare URL blog anda di facebook, maka lama kelamaan anda akan mendapat “surat cinta” seperti gambar di bawah ini.
Mengapa situs anda dibanned?
Penyebab yang paling sering adalah karena publisher meremehkan kebijakan program adsense. Ingin cepat mendapatkan trafik akhirnya mengabaikan pedoman webmaster dengan cara mencari backlink semanunya saja. Anda jangan meremehkan masalah sepele seperti ini. Jangan dikira mencari backlink itu tidak ada aturannya. Jangan dikira menggunakan seo onpage seperti menautkan link aktif di postingan itu tidak ada aturannya.
Jika anda mengabaikan masalah-masalah sepele semacam ini maka silakan saja anda menunggu surat cinta seperti di bawah ini.

Mengapa anda mendapat peringatan dari google adsense?
Penyebab yang paling sering adalah publisher melanggar kebijakan penempatan iklan dan perilaku situs. Ingin cepat mendapat uang banyak akhirnya menempatkan iklan seenaknya sendiri yang memicu terjadinya invalid klik. Misalnya memberi label aneh-aneh pada iklan, menyamarkan iklan dengan konten, memasang adsense konten lebih dari 3 unit, memasang iklan lekat di sidebar menggunakan sticky widget, dan sebagainya.
Jika sampai terjadi invalid klik, maka google akan membanned akun atau situs anda. Namun jika belum sampai terjadi invalid klik, mungkin google hanya akan memberikan warning saja seperti di bawah ini saja.

Tapi anda jangan terburu-buru senang dulu jika hanya diberi peringatan saja, karena jika terjadi sekali lagi pelanggaran serupa maka akun adsense atau situs anda akan ditendang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar