Minggu, 01 Mei 2016

Mengatasi Error Mss32.DLL


Mengatasi Error Mss32.DLL


Artikel tentang cara memperbaiki pesan error Mss32.DLL - Cannot start [APPLICATION]. A required component is missing: mss32.dll - This application failed to start because mss32.dll was not found - Cannot find [PATH]\mss32.dll, The file mss32.dll is missing - Mss32.dll Not Found.
  • File Mss32.DLL adalah sebuah modul system-software "Miles Sound System (mss)". Modul ini banyak digunakan pada game moderen untuk memproses sound-effect atau pada software multimedia.
  • Kesalahan pada file Mss32.dll akan memicu munculnya pesan error dalam bentuk yang sangat beragam, dan juga menimbulkan bermacam problem pada program (game) yang sedang membutuhkannya.
  • File Mss32.DLL bukan file DLL milik Windows, sehingga bisa jadi file ini ditempatkan pada direktori instalasi program (game) ybs; tetapi tetap ada kemungkinan diletakkan pada direktori Windows\System32 atau direktori Syswow64 - baca artikel Memperbaiki File DLL Error -, hal ini tergantung dari program (multimedia atau game) yang ter-install. 
memperbaiki error mss32.dll
Gambar-1. Contoh pesan error Mss32.DLL

Penyebab Error Mss32.DLL

Terjadinya error pada file Mss32.dll bisa menjadi indikator (petunjuk) bahwa :
  • telah terjadi infeksi Malware, atau  
  • terjadi kerusakan Registry Windows, atau
  • mss32.dll terhapus tanpa disengaja, atau
  • terjadi perubahan konfigurasi sistem PC, atau
  • ada kerusakan device-driver, atau
  • kerusakan fisik hardware (biasanya VGA/Sound-card).
Banyaknya kemungkinan tsb. mengharuskan kita mencari tahu penyebab yang sebenarnya, sebelum melakukan suatu tindakan perbaikan; meski secara teknis tidaklah sulit, tetapi cukup melelahkan juga  :) 

Langkah Mengatasi Problem Error Mss32.DLL

Jika Anda belum terbiasa menangani problem file DLL error, saya sarankan untuk membaca artikel "Memperbaiki File DLL Error" tsb. di atas, yang merupakan 'Panduan Umum' dalam menangani problem file DLL error.

Untuk menangani problem error Mss32.dll, di bawah ini adalah langkah yang sebaiknya dilakukan.
 
  • Recover file yang terhapus tanpa sengaja.
    Jika pesan error Mss32.dll muncul setelah Anda melakukan 'clean up pc' atau menghapus (Del) suatu file, bisa jadi secara tanpa sengaja telah menghapus file Mss32.dll tsb. Untuk itu, cobalah mencarinya di Recycle Bin dan me-Restore file tsb jika memang ditemukan di sana, lalu periksa apakah problem bisa teratasi. Jika terlanjur dilakukan Empty Recycle Bin, gunakan software jenis Data_Recovery untuk menemukannya kembali; banyak software jenis ini yang bisa di-download gratis.
 
  • Scan Malware.
    Jika ada indikasi PC terinfeksi malware, gunakan software Anti_Virus yang baik dan up to date untuk melakukan scan seluruh ruang HDD. Rata-rata anti_virus yang baik memiliki catatan 'scanning_history' dan ruang virus_vault (quarantine). Cobalah untuk memeriksa fitur-fitur tsb., dan jika file Mss32.dll ditemukan lakukan restore. Lalu periksa apakah problem bisa diatasi.
 
  • Periksa Device Manager.
    Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada problem pada hardware (VGA & Sound card), serta tidak ada problem pada device driver. Device Manager sangat baik untuk melihat status hardware maupun driver PC Anda. Jika ternyata ada problem driver, cobalah untuk meng-uninstal driver tsb., kemudian meng-install atau update driver yang bermasalah itu. Periksa apakah problem bisa teratasi. Tetapi jika ternyata ada masalah kerusakan hardware (tidak berfungsi/rusak) maka tidak ada jalan lain selain mengganti hardware tsb. dengan yang baru.

  • Jalankan System Restore.
    Jika Anda telah melakukan suatu perubahan konfigurasi sistem pada PC, gunakan System Restore dan pilih Restore Point untuk mengembalikan komputer  pada konfigurasi seperti sebelum terjadinya problem error mss32.dll.

  • Scan Registry.
    Meski hal ini tidak saya sarankan, mungkin Anda mau mencobanya, mengingat software 'Registry_cleaner' mampu membersihkan sampah-registry. Keberadaan sampah-registry bisa mengganggu sistem operasi (Windows) dan menyebabkan gagal menemukan registry yang dibutuhkan. Setelah melakukan 'registry cleanup' coba periksa apakah problem bisa teratasi.

Jika hasil dari 'troubleshooting' di atas menunjukkan bahwa file Mss32.DLL benar-benar hilang, dan Anda tidak punya duplikat-nya, maka inilah yang bisa Anda lakukan.
 
  • Uninstall & Reinstall program. Uninstal program yang memicu munculnya pesan error mss32.dll. Kemudian instal kembali program tsb., ini akan mengembalikan file mss32.dll - ingat bahwa mss32.dll adalah milik suatu program aplikasi, bukan milik Windows.
 
  • Download file Mss32.dll. Jika Anda tidak memiliki program-installer-nya, dan tidak ingin menghapus program tsb., maka cobalah untuk download file Mss32.dll dari official website program ybs. Selanjutnya file hasil download bisa diletakkan pada direktori-instalasi program ybs. - umumnya direktori C:\Program Files\[nama_program], dan kemudian lakukan registrasi file mss32.dll agar bisa dikenali oleh OS. Setelah selesai registrasi, restart PC dan periksa apakah problem teratasi.
     
    Cara registrasi file DLL silahkan Anda membaca artikel Grup Saya : Comres.DLL Error.
 
  • Jika ternyata masih juga gagal.
    Cobalah letakkan file mss32.dll tsb. ke direktori C:\Windows\System32, dan lakukan registrasi kembali. Karena ada juga aplikasi yang meletakkan file DLL-nya (saat instalasi program) pada direktori System Windows; siapa tahu kasus Anda bisa teratasi. Restart PC, dan semoga problem bisa teratasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar